Thursday, January 7, 2016

Resep Tongseng Kambing

Resep tongseng kambing - Resep masakan jawa kali ini berasal dari kota Solo. Mendengar namanya saja tongsung, apakah yang ada di benak anda? Apakah tongseng mirip dengan tumis? Hm, tonseng adalah sejenis gulai yang kandungan bumbunya sangat tajam. Letak perbedaannya dengan menu makanan daging lainnya terletak pada tulang yang berbalut daging. wah, kebayang kan bagaimana sedapnya saat anda mengambil daging dari tulang. Selain daging kambing, tongseng bisa menggunakan daging kerbau atau sapi. Biasanya, ada tambahan sayuran seperti kubis dan tomat yang membuat tongseng makin segar. Tongseng dijual di penjual sate kambing, anda bisa membelinya tidak harus pergi ke Solo karena tongseng bisa dijumpai di kota terdekat. Anda pun bisa menyajikan tongseng di rumah jika ingin membuatnya sendiri. 

Resep Tongseng Kambing

Tongseng ini memiliki cita rasa yang sangat gurih dan segar. Bumbu-bumbu rempah yang sangat tajam berpadu pada empuknya daging kambing yang masih menempel pada tulang. Yummy....kesegaran resep ini bersumber dari irisan tomat dan kol. Sensasi aroma daging kambing menggugah selera anda. Tanpa bahan tambahan pengawet, resep ini bisa enak dan lezat karena bumbu rempah alami. Penasaran, apa saja bahan dan bumbunya? Simak ya

resep tongseng kambing


Bahan utama :

500 gr daging paha kambing, rebus hingga setengah matang
2 cm jahe memarkan untuk merebus daging
2 lembar daun salam untuk merebus daging
1 1/2 liter santan dari 1 butir kelapa
1 liter air
1 batang sereh, memarkan
1/2 ibu jari lengkuas, memarkan
2 batang daun bawang, potong potong
100 gr kol, potong potong
2 lembar daun salam
4 buah cabai rawit, potong potong
3 sendok makan kecap manis
1 buah tomat merah potong potong
Minyak untuk menumis
4 buah bawang merah, iris tipis
Bahan pelengkap :

Bawang merah gorengBahan bumbu yang dihaluskan :

6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 buah kemiri, sangrai 
1 sendok teh merica
3 1/2 sendok teh garam
3 cm kunyit, bakar
2 cm jahe
1 sendok teh ketumbar
1 sendok makan gula pasir

Cara membuat tongseng kambing :
  1. Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan daging, daun salam dan jahe, masak hingga matang, angkat lalu tiriskan daging dan potong potong, sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak pada wajan lalu tumis bawang merah bersama dengan bumbu yang telah dihaluskan, sereh dan cabai rawit, tumis bumbu hingga harum dan matang.
  3. Tambahkan dengan daging yang telah di potong potong, santan dan kecap manis, aduk hingga rata.
  4. Masak sambal sesekali di aduk hingga bumbu matang dan harum, cicipi pula rasanya.
  5. Setelah matang, tambahkan daun bawang, kol, dan tomat, aduk hingga matang, lalu angkat dan sajikan tongseng bersama dengan bawang merah goreng sebagai taburannya.
Saat proses persiapan, pastikan anda memilih daging yang masih segar dan tampak berwarna merah kehitaman. Ciri khas dari tongseng adalah adanya tulang, jadi daging yang menempel pada tulang. Kesegaran pada kol dan tomat jadi prioritas untuk menghasilkan tongseng kambing yang lezat. Selamat mencoba



No comments:

Post a Comment