Sunday, January 3, 2016

Kuluban Sayur (Urap urap Lezat)

Resep masakan jawa yang akan kami sajikan kali ini adalah kuluban sayur merupakan salah satu masakan khas jawa yang berisi aneka sayur seperti bayam, kacang panjang, kecambah, kangkung dan masih banyak lagi. Sebenarnya, aneka masakan jawa menyimpan banyak rahasia kesehatan yang sangat dibutuhkan tubuh. Aneka sayuran ini mengandung serat. Seringkali warga Indonesia agak melupakan makanan khas asli tanah air karena merasa makanan khas jawa itu kuno. Padahal, khasiat untuk kesehatan sangat baik untuk tubuh.

Resep kuluban Sayur

Rahasia dari resep kuluban sayur atau urap urap ini sebenarnya terletak pada kandungan bumbu halusnya. Tingkat kepedasan juga sangat berpengaruh pada citarasa yang dihasilkan. Parutan kelapa pada kuluban ini sebaiknya dipilih yang agak muda karena serat santan yang terkandung membuat hasil kuluban sangat enak. Sayuran yang dicampurkan sesuai selera anda, apa yang tumbuh di halaman rumah anda bisa anda petik sesuka hati. Nah, ingin tahu bumbu kuluban sayur yang bakal membuat masakan jawa anda akan istimewa. Simak ya, persiapkan bahannya:



Bahan utama :

100 gr kacang panjang, potong potong lalu rebus
2 ikat kangkung, siangi lalu rebus
2 ikat bayam, siangi lalu rebus
50 gr daun melinjo, rebus
1 buah kecombarng, iris bunganya lalu rebus
200 gr taoge, seduh
400 gr kelapa, parut kasar

Bahan bumbu yang dihaluskan :

5 siung bawang putih
6 cm kencur
1 sendok teh terasi, bakar
5 buah cabai merah
2 1/2 sendok teh garam
1 sendok makan gula pasir
6 lembar daun jeruk
Cara membuat kuluban sayur :

kelapa yang telah di parut, campurkan dengan bumbu yang telah dihaluskan, aduk hingga rata lalu kukus di dalam dangang selama 30 menit hingga matang, angkat.
Campurkan semua sayur yang telah matang, lalu tambahkan dengan bumbu kelapa, campurkan bumbu sesaat sebelum di hidangkan, sajikan

Supaya bumbu kuluban sayur ini awet, pastikan anda memilih bahan bumbu berkualitas dan tumis tanpa minyak, sampai agak kering. bumbu ini bisa anda gunakan keesokan harinya. tinggal merebus sayuran. Oh ya, sayuran yang direbus lebih dari 6 jam sebaiknya tidak anda makan lagi atau lebih baik merebus kembali dari sayuran segar. 



No comments:

Post a Comment