Friday, January 15, 2016

Resep Botok Tahu Tempe Kemangi

Resep botok tahu tempe kemangi - resep ini merupakan resep nusantara. Botok adalah sejenis masakan yang dibungkus daun pisang dan dikukus. Botok tidak hanya berbahan dari tahu dan tempe namun ada juga botok ayam atau botok lele. Sesuai selera tiap anggota keluarga. Anda pernah tahu bumbu rujak? Nah botok juga sama dengan bumbu rujak. edanya, bumbu rujak tidak perlu dikukus dan dibungkus daun pisang. Apabila, anda ingin menikmati sensasi botok tanpa ribet membungkus daun pisang. Anda bisa memasak seperti dioseng namun beri tambahan suwiran daun isang. Botok menyimpan kenikmatan tersendiri karena ada aroma daun pisang. 

Resep botok tahu tempe kemangi

Kali ini tahu tempe diolah menjadi botok. Tambahan kemangi menambah sensasi sensasi kelezatannya. Aroma yang enak dari botok dijamin akan meningkatkan selsera makan anda. Biasanya, botok disebut juga dengan istilah garang asem jika terbuat dari ikan tawar. Botok identik dengan parutan kelapa muda tanpa diperas, tahu tempe yang dipotong kecil-kecil membuat lidah anda makin digoyang ketika menggigit udnag-udang kecil yang rasanyaa mantaap untuk tambahan lauk. Simak saja bahan dan cara membuatnya:


Bahan botok tahu tempe kemangi :
daun pisang untuk membungkus
1/4 kelapa muda parut
tempe potong potong kecil kecil kemudian rebus sebentar
tahu putih potong potong kecil kecil kemudian rebus sebentar
daun kemangi secukupnya
2 batang daun bawang
3 buah cabe hijau besar, buang bijinya dan potong potong
3 cm lengkuas
1/2 buah tomat kita potong kecil kecil
Bumbu yang dihaluskan :

3 butir bawang merah
7 buah cabe rawit merah
3 siung bawang putih
gula secukupnya
garam secukupnya

Cara membuat botok tahu tempe kemangi :

  1. Campurkan kelapa yang telah di parut dengan bumbu yang telah di haluskan, aduk aduk hingga benar benar rata.
  2. Setelah bumbu rata, tambahkan dengan tempe, tahu, teri, daun bawang, daun kemangi, lengkuas, tomat dan cabai hijau, aduk kemabli hingga benar benar rata.
  3. Ambil selembar daun pisang, lalu bungkus botok dan semat dengan lidi, kukus di dalam dandang selama 30 menit, angkat dan botok tahu tempe siap untuk di sajikan.

Selain kemangi, botok juga bisa ditambahkan dengan udang atau lomtoro. Semuanya khas jawa, anda bisa menjumpai botok ini di beberapa warung yang ada di pulau jawa. Resep makanan jawa memang kaya. Jalan-jalan sambil menikmati kuliner sepertinya akan membuat ketagihan. Namun, sebelum anda mengeluarkan kocek lebih dalam, anda patut mencoba di rumah terlebih dahulu bersama keluarga menikmati botok tahu tempe kemangi

No comments:

Post a Comment