Sunday, January 10, 2016

Resep Sambal Goreng Kentang

Resep sambal kentang goreng - resep kali ini biasanya kerap kita jumpai ketika mengadakan sebuah hajatan. Misalnya pernihkahan, khitan atau sekedar syukuran. sambal kentang goreng memang menu praktis dan cocok bila dijadikan menu dalam bingkisna kotak atau prasmanan. Di dalam kentang tersimpan banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Kentang dapat mencegah kanker, mengurangi kadar kolesterol, tulang makin sehat dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Bahkan, di beberapa negara kentang dijadikan sebagai bahan pokok pengganti beras. Kadar gula dalam kentang juga tidak terlalu tinggi seperti beras. 

Resep sambel kentang goreng
Citarasa sambala goreng kentang ini sangat lezat. berbahan rempah rempah asli Indonesia terutama pada air asem membuat menu ini terasa unik dan penampilannya pun terkesan mewah karena untuk sajian menu menu spesial. Campuran lain dalam menu masakan sambel kentang ini biasanya ada jengkol atau petai. Irisan petai berwarna hijau, irisan cabe besar dan garnis bunga tomat melengkapi kelezatan sambel goreng kentang. Nah, penasaran bagaimana cara membuatnya? Siapkan bahan berikut yah:

reep masakan jawa sambel kentang goreng

Resep sambel kentang goreng 

Bahan utama :
500 gr kentang, potong kotak lalu goreng
50 gr petai, potong potong tipis
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
1 1/4 sendok teh gula pasir
1 sendok teh air asam jawa
1 sendok teh garam
300 ml santan dari 1/4 butir kelapa
Minyak untuk menumis
Bahan bumbu yang dihaluskan :

3 siung bawang putih
8 butir bawang merah
4 butir kemiri, sangrai
5 buah cabai merah besar
1/2 sendok teh terasi, bakar
1 cm kunyit, bakar

Cara membuat sambal goreng kentang :
  1. Panaskan sedikit minyak, lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan sambil di tambahkan dengan lengkuas dan daun salam, tumis bumbu hingga harum dan matang.
  2. Tambahkan dengan kentang dan petai, aduk hingga rata. Masukkan santan lalu masak dengan api kecil hingga mendidih. Masukkan air asam jawa, garam dan gula, aduk hingga rata.
  3. Aduk hingga matang dan bumbu meresap, angkat dan tiriskan.
 
Kentang lebih laik diproses dengan cara direbus jika anda memiliki kadar gula tinggi. Bisa digunakan sebagai menu utama tanpa ada campuran apapun. Namun, resep sambel goreng ini tetap dalam proses penggorengan. pastikan anda memakai minyak yang baru atau maksimal pemakaian dua kali. Jangan sampai dibalik kelezatatan menu yang anda masak tersimpan kadar kolesterol tinggi. Selamat mencoba yah.....

1 comment:

  1. Best Betting Casinos in Colorado - Mapyro
    Find the best online betting sites in Colorado. If you're 김포 출장마사지 looking for the best 전주 출장마사지 odds, you'll 순천 출장안마 want to bet on a 구리 출장마사지 wide range of 구리 출장샵 sports.

    ReplyDelete