Sunday, January 3, 2016

Resep Lodeh Daun Singkong

Daun singkong bisa diolah segala macam resep masakan jawa. Daun singkong memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Singkong menjadi tanaman pengganti nasi karena mengandung karbohidrat. Tidak hanya singkong, daun singkong juga bisa diolah berbagai macam. Daun singkong bisa mengobati penyakit stroke karena mengandung zat isoflavon.

Resep Lodeh Daun Singkong

Dinamakan lodeh memang karena terdapat santan kental yang terkandung. Menu kali ini memang bisa dibuat versi pedas dan tidak, sesuai selera. Bisa dengan menambahkan cabe yang utuh atau ikut dihaluskan dengan bumbu halus lainnya. Proses perebusan daun singkong ini tergolong lama karena memang sangat alot, jika direbus sebentar maka tidak enak ketika masakan sudah jadi. Anda bisa melakukan proses perebusan dalam waktu 10 menit. Jika anda menanam sendiri tanaman daun singkong, biasanya akan lebih cepat matang karena bebas dari bahan pestisida. Varian dari masakan berbahan dasar daun singkong ini banyak sekali. Kali ini lidah anda akan dimanjakan dengan sensasi kelembutan daun singkong berbalut santan dan rempah yang khas cita rasanya. Penasaran kan? Siapkan bahan dan bumbu berikut ya

resep masakan jawaa lodeh daun singkong

Bahan utama :

2 ikat daun singkong, rebus lalu potong potong 
2 cm lengkuas, memarkan 
150 gr tempe potong potong 
3 1/4 sendok teh garam 
1 3/4 sendok teh gula pasir 
1 lembar daun salam 
6 buah cabai merah utuh 
150 ml santan dari 1 buah kelapa 
Minyak untuk menumis 


Bahan bumbu yang dihaluskan :

3 siung bawang putih 
6 butir bawang merah 
3 buah cabai merah keriting 
1/2 sendok teh ketumbar 
4 butir kemiri, sangrai 
3 buah cabai rawit 


Cara membuat lodeh daun singkong :

Panaskan sedikit minyak lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan sambil ditambahkan dengan lengkuas dan daun salam hingga harum dan bumbu matang. 
Masukkan daun singkong, tempe dan santan, aduk hingga rata. Masukkan garam dan gula, masak hingga mendidih. Tambahkan dengan cabai rawit, lalu masak hingga matang. 
Angkat dan sajikan lodeh daun singkong.

Pastikan anda memilih daun singkong yang berkualitas dan merebus dalam waktu yang lama karena untuk mendapatkan tekstur yang lembut dan santan menyatu pada bumbu rempah. Selamat mencoba ya....

No comments:

Post a Comment