Tuesday, January 5, 2016

Resep Asem Asem Iga Sapi

Ahaa! Resep kali ini yang seger-seger ya. Resep asem asem iga sapi bisa kita jumpai di beberapa menu rumah makan. Mendengar namanya saja pasti pada sudah membayangkan kesegaran asam jawa. Iya, asam jawa menjadi salah satu bahan yang sangat penting untuk membuat menu kali ini. Asam jawa memiliki rasa yang khas jika digunakan sebagai bahan rempah. Tidak hanya pada resep minuman. Ternyata, untuk makanan juga. 

Resep Asem asem Iga Sapi 
Cita rasa kesegaran asam dalam menu kali ini bisa menggugah selera anda untuk makan dalam porsi banyak. Sensasi asam jawa yang berpadu dengan belimbing sayur benar-benar meresap pada iga sapi. Lama atau tidaknya dalam merebus daging sangat mempengaruhi kelezatan masakan asem asem iga sapi. Pastikan anda memilih iga yang berwarna hitam pekat dan segar. Pastikan, bahan lain juga dalam kondisi baru dan segar. Pasti penasaran gimana proses masaknya kan? Simak ya

resep masakan jawa asem asem iga sapi



Bahan utama :

750 gr iga sapi, potong potong
2 lembar daun salam
2 1/2 liter air
5 butir bawang merah, iris tipis
5 siung bawang putih, iris tipis
3 buah cabai merah besar, potong potong
3 buah cabai hijau besar, potong potong
2 cm lengkuas, memarkan
1 buah tomat merah, potong potong
5 buah belimbing sayur, potong potong
2 1/2 sendok makan garam
10 gr asam jawa, larutkan dengan 25 ml air
25 gr gula merah, iris tipis
Minyak untuk menumis
Cara membuat asem asem iga sapi :

Siapkan panci presto lalu masukkan air, daun salam dan iga sapi, masak di dalam panci presto hingga empuk, angkat lalu saring dan ambil air kaldunya sebanyak 1 1/2 liter.
Panaskan sedikit minyak, lalu tumis bawang merh, bawang putih, cabai dan lengkuas, tumis hingga harum dan matang.
Masukkan tumisan bumbu ke dalam air kaldu, lalu tambahkan dengan iga sapi, tomat merah, belimbing wuluh, garam, gula merah dan air asam jawa, rebus hingga matang, setelah matang, angkat dan sajikan Asem asem iga sapi.

Proses persiapan hingga penyajian menu ini cukup singkat. Hanya proses perebusan daging memang agak lama supaya menghasilkan iga yang empuk. Nah, tampilan penyajian menu ini akan tampak menarik jika anda menambahkan garnis pada bagian atas dengan corak warna sayur yang beragam seperti tomat, wortel, dan cabai. Selamat mencoba dan berkreasi 


No comments:

Post a Comment